Sabtu, 22 Januari 2011

MAKNA DIBALIK 3 IDEOT seri 1

        "3 ideot"  klo anda mendengar judul ini apakah yang anda pikirkan? yah sebagian mungkin tidak tahu dan menduga duga apaa maksud dari 3 ideot ini.
         ok asal mula datang nya 3 ideot dipostingan saya kali ini adalah karena saya lagi mencari suatu pandangan, atau contoh mengenai apa itu otak kanan ( baca cara mudah menuju sukses dengan keajaiban diri ) apa kelebihan otak kanan, apa sasja peranan otak kanan dalam kehidupan. Dan kebetulan semalam ada seorang kawan pulang dari kota bawakkan sebuah kaset dvd film india. sebetulnya say ndak hobi nonton film india, banyak kali nyanyi jogetnya. tapi karna kawan ini merekomondasikan bahwa filnya bagus and ndak bakalan nyesel klo nonton.
         ya ahirnya saya tonton dan emang bener filmnya luarrrr biasa.
ok saya puter tu filmnya.  udah ada yang tau kira2 apa judul film ini. ya tentu saja 3 ideot. tapi jangan kecewa karna saya membahas cuman sebuah film. tapi disini kita bisa mengambil sebuah kesimpulan, apa itu otak kanan, seperti apa sih menggunakan otak kanan, jadi bisa anda terapkan dike3hidupan anda. ok lah kalo beggituk. yang belum nonton nih film cepetan beli kasetnya, saya jamin anda tak akan menyesal.
dalam dalam film ini saya sendiri dibutuhkan konsentrasi yang sangat fokus untuk mengetahui apa yang diceritakaqn dalam film ini, karna maklum kaset yang saya putar kaset bajakan heheehe, jadi subtitlenya ngaco sekali, jadi terpaksa deh harus ekstra keras ane berusaha memahami isi dari film ini. maka dari itu pesan saya belilah selalu yang original, karna bajakan itu melanggar hukum. heheheheheh.
ok kembali ke laptop.  fil ini mengisah kan tentang perjuangan untuk mencapai apa yang di impikan manusia
disini kita akan disuguhkan cerita yang sangat menggelitik, emosional, dan juga mengharukan, sungguh lengkap sekali. tapi saya tidak akan membahas soal itu, yang disini kita bahas adalah tentang otak kanan. tapi penjelasan disini mungkin tidak akan bisa kita mengerti bila kita menononton nih film, makanya buruan beli. klo ndak juga dapet silahkan anda pesen sama saya butuh berapa keping? hehehehehe bercanda.
ok disini ada 3 sahabat rancho, raju, dan farhan. ok disinikita akan menitik beratkan analisa dan conytoh pada rancho.
        ok kita akan membahas seperti apa itu otak kanan beraksi pada saat rancho disuruh menjelaskan tentang devinisi pengertian mesin oleh dosenya, maka bila siotak kiri yang berjalan maka yang dijawab adalah bla,bla,blabla pusing jadi ndengernya, yang jelas definisinya ya sesuai dengan bahasa tehnik yang diajarkan dibuku dengan bahasa yang tentunya sangat sulit dipahami oleh orang awam. disini bisa kita menilai juga tentang sistem pendidikan sekolah kita dari sd sampai perguruan tinggi, pelajar kita selalu di latih otak kirinya. saya mau bertanya kira kira ada kerugianya ndak, sistem pengolahan otak kiri tersebut. saya jawab jelas banyak kelemahanya, kelemahanya pada saat mereka mulai terjun dalam kehidupan nyata, karna ilmu yang mereka dapat dari sekolah sangat berbeda dengan yang dihadapi dalam dunia nyata. contoh seorang yang cenderung memaki otak kiri . anggap aja namanya si paijo. paijo ini pada waktu disekolah dikenal sangat pintar disekolahnya, semua bidang pelajaran dia dapat nilai plus. dia mengambil, tehnik mesin, misalkan mesin perkakas/ mesin produksi. sebetulnya paijo ini tidak begitu suka masuk sekolah jurusan tehnik,tapi karena sesuatu hal terpaksa dia masuk juga ke sekolah trsbt produksi. untuk pemakaian otak kanan 20 % dan otak kiri 80 %, paijo ini orangnya rajin tiada hari tanpa belajar.Dan satu lagi adalah contoh orang yang memakai otak kanan. anggap saja namanya tukijo,tukijo adalah seorang anak yatim. Tukijo ini oleh kawan-kawanya dikenal sebagai anak yang bodoh, klo ahir semester sudahbisa ditebak dia pasti dalam jajaran rangking 10 besar dari belakang. gimana dia mau bagus nilainya la wong ketiak guru menyuruh mengumpulkan buku catatan dia, dia cuman mengumpulkan buku kosong, karna setiap guru menyuruh mencatat dia cuman membacanya saja. Tapi ada kelebihan dari tukijo ini, setiap mata pelajaran praktek, dia selalu paling unggul, bahkan guru prakteknya sering memarahinya karna dia selalu mengerjakan sesuatu yang belum seharusnya masuk dalam materi pembelajaran. intinya bila ada suatu alat atau sebuah mekanik yang tidak pernah dilihatnya ataupun dipelajarinya, dalam waktu yang tidak l;ama dia akan tau guna alat tersebut dan gimana cara mengoprasikan nya, inilah kelebihan otak kanan. ok kita lihat setelah mereka lulus. Siapaijo sekarang jadi seorang karyawan disebuah pabrik dibagian bengnkel. karna dia ahli matematika oleh manager dia diletakkan jadi admin bengkel, bosnya sangat senang sama paijo karna paijo sangat rajin dan ulet, dan yang paling penting karena paijo sangat teliti dan rapi dalam pembukuan. Tapi ada efek yang kurang bagus karna managernya terlalu suka sama dia, pada saat ada kesempatan ada kekosongan supervisor di instasi yang berbeda, sebetulnya manager dari instansi itu ingin menarik si paijo, tapi sang manager paijo tidak mau melepaskan paijo. dengan janji akan di jadikan spv juga di bengkel bila ada kekosongan terpaksa paijo bertahan. sampai sekarang.
Ok swelanjutnya kita lihat dengan nasip si tukijo. ternyata setelah lulus sekolah dia langsung buka bengkel las, dari mana modalnya? hehehe ternya ta ngutang sama tetangga. yang mau ngasih pinjaman modal asalkan dia mau ngembalikan 3 bulan kemudian. 3 bulan ya pak? "gini saja say berjanji akan lunasi hutang saya dalam 2 bulan"  eits gila jug nia anak baru mau buka usaha dan belum tau bakal kayak apa nih usahanya, dikasih kesempatan 3 bulan lunasi utang malah minta 2 bulan.
        ternyata 1 bulan 21 hari tukijo sudah datang membawa uang untuk melunasi hutangnya plus stu kantong buah buahan, dan 3 bungkus pecel lele heheheh enak nih jadi laper.
"kok bisa ya? kok bisa-kok bisa ya bisa dooong."
       begini rahasianya. Setelah lulus sekolah tukijo mempunyai saru impian besar,ya impian yang sangat besar dan memiliki tingkat derajat tertinggi diantara jutan cita2 mulia yang dimiliki manusia. apakah itu? membahagiakan Ibunya. ya membahagiakan ibunya, kena ini bisa mendorong kesuksesan tukijo, kembangkan otak kanan anda dan coba cari alasanya kepa.bagi orang yang beriman mereka pasti tau jawabanya.
          ini adalah rahasia pertama paijo.dan yang kedua adalah keyakinan diri, kepercayaan diri, dan pengenalan jati diri., ok otak kanan lagi yang berperan, karna timbulnya keyakinan maka energi kekuatan otk kanan pun akan bekerja silahkan baca artikel sebelumnya tentang CARA MUDAH MERAIH SUKSES DENGAN KEAJAIBAN DIRI
yang ketiga adalah ikhtiar, sebagai manusia ya wajib berusahakn, dengna penuh keyakinan dan keuletan tukijo menekuni usaha barunya, hari pertamanya buka usaha, tak satupun pellanggan datang, hari kedu belum ada juga, tapi tukijo tak pernah putus asa sekalipun, sampai akhirnya otak kananya bekerja kemudian dia mencari besi2 bekas di rumahnya, kemudian besi besi tersebut dia bawa kebengkelnya, kemudian dia menghidupkan mesin lasnya, pura pura mengelas dan memuku2 besi tyersebut dengan palu, heheheh siapa sangka cara tersebut berhasil, timbul suatu keajaiban selang 2 jam dari itu dtang seorang pelanggan yang mau mengelas bempar mobil truknya, dan anehnya sesaat setelah trunya pergi datang pelanggan berikutnya.
apa yang kita ambil dari keajaiban tersebut dan makna tuykijo memukul dan melas besi bekas tersebut. apakah bunyi palu dan besi tukijo memberi tahu seseorang bahwa ada bengkel las disitu.   hmmmm masuk akal, tapi apa mungkin begitu orqang tau klo ada tukang las baru disitu trus orang berbondong2 datang kasitu. Terserah anda mengartikanya, yang jelas bagi saya itu adalah keajaiban. tapi kejaiban tidak akan datang sendiri seperti hujan dilangit.
ok kita lanjutkan setelah hari itu bengkel tukijo ramai terus menerima pasien heheheh kayak klink aj. blalablabla untuk mempersingkat tulisasn. singkat cerita dengan mengandalkan otak kanan tukijo telah meraih sukses. sekarang ini tukijo telah memiliki cabang bengkel bubut, bengkel teralis sebanyak 21 cabang di 5 kota yaitu, jombang, magetan, jogjakarta, dua lagi di sumatra, yaitu lampung dan palembang.
dari cerita diatas kit bisa menyimpulkan bahwa alam kehidupan nyata otak kanan akan lebih dominan untuk membantu kesuksesan seseorang. trus apa yang terjadi pada si otak kiri. otak kiri cenderung bersifat monoton, kurang keberanian dalam mengambil manufer, karna itu si otak kiri cocok sebagai bawahan, karna untuk menjadi pemimpin harus mempunyai cabang perluasan ide yang tiap cabang tersebut mempunyai cabang lagi, dan tidak terbatas.hehehe kayak mlm aja..apa harus seperti itu unytuk menjadi seorang pemimpin? saya bialang harus. klo anda tidak memilikinya anda bukan pemimpin yang sejati.

       weleh kok malah melenceng dari judul, padahal judulnya 3 ideot dari india kok malah ceritanya kejombang paijo sama tukijo hehehehehh. itulah kanan, otak kanan, mempunyai cabang, yang bercabang dimana cabangnya tak terbatas dan tidak akan ada habisnya
       Ok kita kembali ke laptop.
        Aduh sampai dimana tadi ya. oh iya ranju menjawab dengan bahasa yang sederhana mengenai difinisi mesin, tapi dosen menyatakan bahwa jawabanya salah, kemudian dijawab oleh kawan sekuliahnya yang namanyaaaaa, siapa ya lupa aku yang jelas orang nya suka kentut bau hehehehe   siapa aja deh namanya tererah anggap aja namanya kentut bau atau KB kikikikkkkk. si KB yang mewaili otak kiri menjawab dengan rinci sesuai dengan apa yang ada dalam buku dan jelas dibenarkan oleh dosenkarna dosen adalah jenis otak kiri baginya tidak penting tau atau tidak arti sesungguhnya tentang mesin yang jelas dan dia tau apa pengertian mesin dalam buku peganaganya.
        waduh baru awal ceeerita udah segini artikelnya,
sebelumnya dipersory ya kawan nih artikelnya dibagi jadi beberapa seri aja ya, yang sekarang sri pertama nanti saya lanjutkan lagi seri berikutnya, ni udah menumpuk ni pekrjaan
tolong dong dibantu suportnya untuk penyemangat ane bikin artikel. maklum baru nih belajar ngeblok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar